Thursday, April 6, 2017

Install Remote Desktop (VNC) di Ubuntu 16.04 Server

Ubuntu 16.04 LTS is out for a quite while now. Dan dilengkapi dengan perbaikan besar. Menginstal dan mengkonfigurasi VNC server pada Ubuntu 16.04 LTS server untuk mengaktifkan remote desktop lebih mudah dari sebelumnya. Jadi jika Anda ingin mengakses Ubuntu 16.04 Server jarak jauh dari PC Windows atau MAC, Anda dapat mengikuti tutorial ini untuk mengkonfigurasinya.

Sebuah remote server dengan koneksi desktop dapat digunakan untuk menyembunyikan identitas online Anda, untuk mengakses website yang diblokir pada wilayah geografis Anda, untuk men-download torrents dengan aman tanpa tertangkap atau untuk mengkodekan dan meng-upload video. Dan saya yakin ada lebih banyak alasan mengapa Anda ingin mengkonfigurasi VNC pada remote Ubuntu 16.04 server Anda. Ketika dikonfigurasi, Anda dapat mengakses VPS Anda melalui VNC viewer seolah-olah Anda sedang duduk di depan sebuah Ubuntu 16.04 desktop yang.

Alasan saya memilih Ubuntu VNC atas Windows RDP adalah bahwa server Ubuntu jauh lebih murah daripada Windows VPS. Anda dapat membeli RAM 1GB Ubuntu VPS untuk $ 10 per bulan dari yang direkomendasikan penyedia VPS unmanaged saya dan mengkonfigurasi untuk mengaktifkan VNC mengikuti tutorial ini. Jadi aku akan menganggap bahwa Anda memiliki Ubuntu 16.04 VPS siap untuk dikonfigurasi. Mari kita mulai instalasi. Anda harus terhubung ke VPS anda sebagai root menggunakan Putty untuk melanjutkan.

Installing VNC Server


Perintah berikut akan menginstal lingkungan desktop Xfce terbaru dan paket TightVNC pada Ubuntu 16.04 VPS. Paket-paket ini tersedia dalam repositori Ubuntu resmi.

apt install xfce4 xfce4-goodies tightvncserver

Ini akan mengambil satu atau dua menit untuk menyelesaikan. Ketika itu dilakukan, Anda dapat menjalankan perintah berikut untuk memulai konfigurasi awal dari VNC server.

vncserver

Anda akan dipromosikan untuk masuk dan memverifikasi password. Ini adalah sandi untuk root VNC pengguna. Hal ini dapat berbeda dari server password root anda. Anda akan juga meminta sandi hanya lihat, Anda dapat mengabaikannya dengan mengetikkan n.

Ini juga penting bahwa Anda menginstal manajer paket. Anda dapat menginstal software center resmi Ubuntu. Tapi saya lebih suka menggunakan Synaptic Package Manager. Perintah berikut akan menginstalnya.

apt install synaptic

Update and upgrade.

apt update
apt upgrade

Configuring VNC Server

Karena Anda menjalankan perintah vncserver pada langkah sebelumnya, Anda perlu menghentikannya sebelum membuat modifikasi pada konfigurasi. Perintah berikut akan melakukannya.

vncserver -kill :1

Sekarang backup file konfigurasi sebelumnya.

mv ~/.vnc/xstartup ~/.vnc/xstartup.bak

Buat file xstartup baru dengan editor nano.

nano ~/.vnc/xstartup

Paste seperti kutipan dibawah ini,

#!/bin/bash
xrdb $HOME/.Xresources
startxfce4 &

Simpan dan menutup file. Berikan izin yang tepat untuk mengeksekusi file yang baru kita buat.

chmod +x ~/.vnc/xstartup

Start VNC server,

vncserver

Menghubungkan ke server remote

VPS Anda sekarang sepenuhnya dikonfigurasi dengan VNC untuk digunakan sebagai remote desktop. Tapi Anda harus penampil VNC diinstal pada PC lokal Anda atau MAC untuk dapat mengaksesnya. Saya menggunakan RealVNC. Ini gratis untuk penggunaan pribadi. Jadi install RealVNC di PC lokal Anda dan Anda akan melihat jendela berikut ketika Anda memulai itu.

Ketik alamat IP server Anda diikuti oleh :1 atau :portvnc dan kemudian klik Connect. Anda akan diminta untuk password yang Anda buat sebelumnya. Memasukkan password yang benar akan membuka desktop Ubuntu 16.04 server di jendela baru.

Anda dapat mulai menginstal aplikasi yang Anda butuhkan dan mengkonfigurasi server VNC Anda yang Anda butuhkan. Anda harus menjalankan vncserver perintah setiap kali Anda reboot VPS Anda sebagai VNC server tidak akan mulai dengan reboot.

0 comments: