Monday, October 13, 2014

Cara melindungi wp-admin wordpress dari tangan jahil hacker

Cara mudah membuat blog adalah menggunakan wordpress sebagai script cms. WordPress adalah sebuah aplikasi untuk websiteaccount facebook di hack sekitar 600,000 per hari. Read more ... » dan blog yang berbasis open source. Untuk tata cara installasi wordpress di pc atau notebook akan saya ulas dikesempatan lain.
Disini saya akan mengulas bagaimana cara merubah halamanberbagi lima tips menaikan peringkat halaman di Google. Read more ... » administrasi wordpress yang standarnya adalah wp-admin menjadi suatu nama yang hanya kita sebagai pemilik blog yang mengetahuinya. Mengapa perlu dirubah? karena WordPress adalah aplikasi open source yang sudah banyak dipakai orang maka secara otomatis semua orang mengetahui cara mengedit blog kita ini melalui folder yang diberi nama wp-admin.
login-wp-adminPertama kita masuk ke folder wordpress yang sudah kita install sebelumnya. Lalu cari file bernama wp-login.php lalu kita rename (ubah namanya) misalkan antihacker.php .
wp-login-php
Setelah kita rubah akan menjadi seperti ilustrasi gambar dibawah ini.
file-anti-hacker-php
Lalu klik kanan pada file antihacker.php ini (nama file antihacker.php ini hanya contoh, anda bisa menggantinya menjadi apapun nama yang anda inginkan). Klik kanan lalu pilih edit (dengan notepad), lalu masuk dan cari dan ganti ( find and replace ) wp-login menjadi antihacker. Setelah semua kata wp-login diganti, jangan lupa untuk melakukan SAVE.
Langkah berikutnya, cari folder yang bernama wp-include, seperti terlihat pada gambar ilustrahttp://www.thebudimanSetting email di outlook dengan ISP Speedy. Read more ... ».net/wp-admin/post-new.phpsi dibawah ini.
folder-wp-include
Lalu cari file general-template.php, lalu sama seperti sebelumnya klik kanan dan lakukan edit menggunakan notepad. Cari ( tekan CTRL + F ) kata wp-login lalu rubah menjadi antihacker (ada 5 kata yang mesti diganti).
file-general-template
Langkah terakhir adalah mencari kata antihacker pada file general-template.php semula.
cari-anti-hackerRubah line diatas site_url(‘antihacker.php’,’login’);
menjadi site_url(”,’login’);
lalu SAVE, dan selesai sudah. Jika ingin mengedit blog anda yang biasanya menuliskan www.namablog.com/wp-admin sekarang menjadi www.namablog.com/antihacker.php
Selamat mencoba… :D

0 comments: