Kelebihan kekurangan Canon 50mm f/1.8 dibandingkan Canon 40mm f/2.8 STM

Friday, July 4, 2014

Kelebihan kekurangan Canon 50mm f/1.8 dibandingkan Canon 40mm f/2.8 STM


Sejak munculnya Canon 40mm f/2.8 STM, banyak pengguna kamera DSLR Canon menjadi agak sedikit kebingungan untuk memilih lensa fix yang ukurannya kecil dan harganya terjangkau ini. Soal ukuran, Canon 40mm f/2.8 STM merupakan lensa terkecil Canon saat ini. Ukuran panjangnya hanya 2.28 cm dan diameter filternya 52mm. Ukurannya yang begitu tipis menghemat tempat dan sekilas terlihat seperti kamera belum terpasang lensanya. Sedangkan 50mm f/1.8 panjangnya 4.1 cm. Sedangkan soal berat kedua lensa sama persis yaitu 130 g.
Kedua lensa adalah lensa Canon EF, artinya lensa ini memiliki diameter yang cukup luas untuk dipakai di kamera bersensor APS-C seperti Canon 650D, 700D, 70D sampai kamera bersensor full frame seperti Canon 5D, 6D dan 1D. Harganya juga tidak terpaut terlalu jauh yaitu sekitar Rp. 800 rb. Untuk memeriksa harga terbaru dan memesan, Kedua lensa sangat sederhana, tidak ada indikator jarak fokus atau peredam getar (image stabilization). Barrel untuk manual fokus juga sangat tipis. Soal kualitas badan lensa, Canon 40mm f/2.8 STM terbuat dari bahan plastik yang lebih kuat. Dudukan lensa ke kamera dari bahan logam daripada plastik. Canon 40mm STM juga punya motor fokus yang lebih mulus dan cepat dari 50mm f/1.8. Suara saat fokus juga lebih senyap.
Soal spesifikasi bukaan, f/1.8 lebih besar dari f/2.8 sekitar 1 1/3 stop. Artinya lensa Canon 50mm mampu memasukkan cahaya yang lebih banyak saat mengunakan bukaan maksimum lensa sebanyak 2.6 X lebih banyak ke dalam kamera.
Kalau yang dikejar adalah bokeh alias latar belakang blur, Canon 50mm f/1.8 yang berbukaan lebih besar dan sedikit lebih panjang jarak fokusnya tentunya akan membuat latar belakang yang lebih blur. Tapi f/2.8 memiliki 7 bilah aperture berbentuk bulat yang mampu membuat bagian yang tidak fokus lebih lembut dan bulat. Sedangkan lima bilah di Canon 50mm membuat bentuk bokehnya seperti segilima.
Untuk contohnya.

Soal kualitas ketajamaan gambar, performa kedua lensa sangat tajam terutama saat bukaannya ditutup ke f/4 sampai f/8.
Bukaan yang besar membuat kedua lensa bagus untuk digunakan di kondisi cahaya yang gelap. Tapi jika memotret subjek yang bergerak di kondisi gelap, misalnya anak-anak yang sedang bermain didalam rumah atau memotret konser, 50mm akan lebih baik, karena bukaannya lebih besar dan jarak fokusnya sedikit lebih panjang. 50mm f/1.8 juga cocok untuk pemula yang dananya terbatas.
Jika suka mengunakan kamera DSLR untuk merekam video juga, terutama kamera Canon 650D atau 700D, 40mm f/2.8 STM pilihan yang lebih baik karena autofokus lensanya yang lebih mulus. Karena ukurannya yang sangat ringkas, Canon 40mm juga bagus untuk jalan-jalan dan latihan memotret.
Jadi, kehadiran Canon 40mm f/2.8 tidak untuk menggantikan Canon 50mm f/1.8, tapi lebih untuk melengkapi koleksi lensa Canon EOS. Meskipun punya beberapa persamaan, masing-masing lensa memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Selamat memilih.

0 comments :