Export dan Import MySQL menggunakan SSH

Friday, May 30, 2014

Export dan Import MySQL menggunakan SSH


Apakah Anda pernah mengalami kendala melakukan export file database yang ukurannya lebih dari 2MB kemudian Anda mengalamai kesulitan dalam proses import ketika Anda menggunakan phpmyadmin? Tutorial berikut akan menjelaskan langkah – langkah Anda dalam melakukan export dan import database MySQL tanpa harus mengkhawatirkan besarnya ukuran file sql yang Anda miliki dan dengan waktu yang relatif lebih cepat. Pada tutorial yang dijelaskan dibawah, kita akan menggunakan SSH.

Export Database MySQL
Untuk melakukan backup database yang berukuran besar, tutorial berikut sangat penting untuk Anda ketahui:
  1. Setelah SSH terinstall di komputer Anda, ketikan command berikut untuk melakukan backup:mysqldump -u database_username -p  nama_database > nama_file_backup.sql
  2. Setelah menekan enter, Anda akan diminta untuk memasukan password mysql untuk mengakses database tersebut. Masukanlah password yang benar dan kemuidan tekan enter.
  3. File nama_file_backup.sql telah siap didownload
Import MySQL Database
Sebelum Anda melakukan langkah – langkah berikut, pastikan bahwa format file backup yang akan Anda upload adalah .sql, dan file tersebut tidak bisa di kompres dalam bentuk .zip atau .tar.gz
  1. Jika Anda sudah memiliki file bakcup dalam bentuk .sql, silahkan upload file tersebut ke server Anda.
  2. Jika Anda belum memiliki database, buatlah database Anda terlebih dahulu dengan menggunakan cPanel
  3. Login dengan menggunakan SSH ke server, kemudian pindahkan direktori kerja Anda ke tempat dimana Anda tadi meletakan file .sql Anda.
  4. Kemudian jalankan command line berikut:mysql -p -u database_username database_name <  file.sql
  5. Tekan enter dan masukan password database Anda.

0 comments :