Monday, April 7, 2014

Cara Memaksimalkan Fitur Manual Kamera Digital

Sekarang saatnya belajar Cara Memaksimalkan Fitur Manual Kamera Digital. Tidak sedikit kawan-kawan yang sejak memiliki kamera digital selalu menggunakan mode auto untuk memotret. Berbagai alasan mereka menggunakan mode auto, selain relatif bisa menghasilkan foto yang tidak mengecewekan, dengan mode auto juga lebih simpel dan gampang menggunakannya, tinggal jepret jadi fotonya :).

Cara Memaksimalkan Fitur Manual Kamera Digital
Berawal dari situlah artikel fotografi tentang memaksimalkan fitur manual kamera digital DSLR dan kamera saku kami tulis agar Anda bisa mengoptimalkan kamera Anda. Tidak ingin berbicara soal salah atau benar jika menggunakan mode AUTO, namun Anda harus tahu, dengan mode auto kita tidak bisa berkreasi lebih jauh lagi tentang fitur dan spesifikasi keunggulan kamera digital kita.
Harus diakui juga, dengan mode auto yang sudah dirancang point and shoot amat simpel bila menggunakannya. Jika anda beli kamera dengan harga tidak murah tapi selalu menggunakan mode auto padahal mode manual tersedia, masak tidak maksimalkan fitur manual tersebut.
Sebagai langkah awal, mari kita kenalan dengan fitur-fitur manual manual kamera digital yang sudah tersedia di kamera saat ini. Berikut beberapa fitur dasar kamera yang mungkin tersedia di kamera digital yang Anda miliki saat ini:
  • ISO, untuk lebih detail silahkan baca artikel berikut tentang definsi dan arti ISO serta cara memaksimalkan fitur ISO.
  • Shooting Mode, selain auto, kebanyakan kamera digital saat ini sudah tersedia fitur shooting mode P (Program), A (Aperture Priority), S (Shutter Priority), M (Manual).
  • Exposure Compensation (EV), kami sudah mengulas detail tentang exposure compensation di artikel segitiga exposure.
  • Manual Focus, fitur manual focus biasanya ada di lensa kamera, sangat jarang ditemui di fitur kamera saku. Fitur ini bisa digunakan saat menggunakan mode auto focus gagal/susah mendapatkan focosnya.
  • White Balance, baca artikel definisi dan cara setting white balance kamera digital. Di tulisan itu sudah kami ulas secara detail.
  • Flash Intensity, berguna jika cahaya yang dihasilkan saat menggunakan flash kamera terlalu kuat. Dengan fitur ini, anda bisa menguranginya kekuatan cahaya dari flash bawaan kamera kita.
Seperti kita ketahui, fotografi adalah permainan cahaya/exposure dimana ada tiga unsur yang menentukannya biasa disebut segitiga exposure. Tigas unsur tersebut adalah shutter speed, aperture dan iso. Sedangkan fitur manual yang paling penting untuk dioptimalkan adalah fitur manual Program, Aperture dan Manual Iso.

0 comments: