Saturday, December 21, 2013

Perbedaan Istilah KBps dan Kbps atau MBps dan Mbps

Kita sering dibingungkan dengan istilah-istilah di dunia internet. kadang kita sering salah kaprah dalam mengartikan beberapa istilah didalamnya. apakah kalian pernah mendengar istilah Kbps atau Mbps yang biasanya sering muncul dalam promo operator dalam memamerkan keuungulan kecepatan jaringan mereka atau pada modem GSM dan CDMA yang ada di pasaran. seperti salah satu yang kita bahas saat ini yaitu apa sih bedanya??? apakah sama saja? Jawabannya Sangatlah berbeda..

Dari kepanjangannya saja Kbps adalah Kilo bit per sekon sedangkan KBps adalah Kilo Byte per sekon..
nahhh..dari sini terlihat jelas antara huruf B besar dan b kecil itu berbeda pengartiannya.

Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Teori informasi juga sering menggunakan digit natural, disebut nit atau nat. Sementara, komputasi kuantum menggunakan satuanqubit, sebuah potongan informasi dengan kemungkinan informasi tersebut bernilai benar.
Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner. Lambang yang digunakan adalah bit, dan kadang-kadang (secara tidak resmi) b (contohnya, modem dengan kecepatan 56 kbps atau 56 kilo bit per second/detik).

Byte adalah sebuah kumpulan bit. Saat pertama kali digunakan, byte mempunya panjang yang tidak tetap. Sekarang, byte umumnya mempunyai panjang sebesar delapan bit. Byte yang mempunyai panjang delapan bit juga dikenal sebagai octet.

Analisis Dan Pembahasan
Q: Terus apa bedanya dan kenapa Internet Saya mengecewakan???

Kadang pertanyaan itu tak henti-hentinya terngiang dikuping saya..hedehh...
Nahh...dari definisi diatas dapat kita liht bersama sebenarnya 1 bit adalah 1/8 Byte. sedangkan kita lihat saat kita mengcopas atau memindahkan data dari satu folder ke folder yang lain atau dari komputer ke Flash disk, kecepatan transfer komputer selalu bernilai Byte bukan bit. jadi promo internet yang digembar-gemborkan supercepat, extra cepat,,atau ultra cepat itu DILIHAT DULU kecepatan yang ditawarkan(Bukan dijanjikan...hahaha) apakah 1 Mbps..3,1 Mbps...5.4 Mbps..atau 14.7 Mbps itu sebenarnya BELUM DIBAGI 8!!!
jadi bagi dulu kecepatan Internet yang anda punya atau Modem yang anda punya maka ITULAH KECEPTAN MAKSIMAL SEBENARNYA.

Q: udah kubagi 8 terus koq gak sampai maksimal???
Hemmm...apakah saya harus menjawab karena tidak ada kecepatan yang sempurna???hehe..
beberapa operator kadang menambahkan istilah "UP TO" atau kalau di indonesiakan "Sampai dengan" yang artinya dalam kancah perinternetan adalah kecepatan yang anda miliki baik itu 3.1Mbps..5 Mbps..atau 10 Mbps pun itu semua adalah "sampai dengan" kecepatan maksimal yang ditawarkan. dengan artian sebenarnya kecepatannya antara 0 - 3.1Mbps...0 - 5Mbps...dan 0 - 10 Mbps...nah lhooo...koq mau maunya di kerjain ma operator..wkwkwk..yah itulah sistem jaringan..banyak segi faktor yang mempengaruhi..tidak ada yang sempurna semua Relatif.

Semoga Bermanfaat.....:)

0 comments: