Backup ROM 2.0.2 & Restore ke HH lain

Monday, September 9, 2013

Backup ROM 2.0.2 & Restore ke HH lain


Framaroot 1.60 & SQLLite Editor 2.0.1

Tutor di bawah hanya untuk yang uda upgrade ROM ke 2.0.2, dan ane sarankan agan uda pernah root dan backup MDT sebelumnya, supaya tidak ada kesalahan dalam prosesnya (tetap ada resiko lo). Untuk yang betul2 pengen buatin uploadan ROM nya, ane sarankan untuk mulai dari factory reset dulu, kemudian jangan ubah2 settingan apapun dulu, kecuali diperlukan untuk proses root dan backup MDT nya. Supaya hasil backup ROM nya bersih, cuma status root doank. (sebagai backupan agan juga, nanti lebih gampang restore, unroot, klaim garansi)

Langkah2nya, 
  1. Install Framaroot
  2. Root lewat Framaroot seperti di tutornya, exploit Boromir, install SuperSu
  3. Skip yang bagian CWM, supaya ROM hasil uploadan sebersih mungkin (mempermudah untuk restore di kemudian hari, tidak perlu balikkin CWM lagi)
  4. Langsung install SQLlite Editor, edit seperti yang di tutor, Settings Storage > settings.db > global > adb_enabled > 1. USB Debugging uda enabled, uda bisa backup lewat MDT.
  5. Skip yang edit build.prop dulu (sama, supaya mempermudah restore, tidak usah balikkin build.prop lagi)
  6. Setelah USB debugging enabled, backup ROM lewat MDT, caranya di pejwan. Ingat diuncheck Backup userdata dan cache, supaya backup nya cuma partisi /system, partisi /data & /cache tidak ikut. (untuk flash ROM yang diperlukan cuma partisi /system dan partisi2 kecil lainnya).
  7. Habis backup, langsung di To prepare blocks for Flash Tool, nanti hasilnya ada folder !Files_to_FlashTool di hasil backup MDT nya.
  8. Folder !Files_to_FlashTool ini yang dizip/rar. Baru diupload, share linknya ke sini

Langkah 3 & 5, diskip supaya nanti agan2 lain yang mau flash ROM, kondisinya setelah flash adalah root saja, tidak ada CWM, tidak ada adb_enabled. Jadi kalau nantinya mau dibalikkin ke stock ROM buat klaim garansi, tinggal diflash ROM hasil upload tadi, lalu unroot, selesai.

Sedangkan buat agan2 lain yang belum bisa/dapat update ke gallery, tapi pengen mencicipi ROM 2.0.2 nya (termasuk ane ), kalau agan sudah ISO, ingat cendolin rame2 yang uda susah payah buat upload ROM 2.0.2 ini.
Berikut langkah updatenya bagi yang masih pake 1.0.5 :
  1. backup dulu ROM sekarang lewat MDT, ingat Backup userdata dan cache, ada dicheck. Supaya nantinya mau kembali bisa betul2 full balik ke keadaan sebelum flash ROM uploadan ini.
  2. Boleh juga dibackup lewat CWM lagi, supaya nantinya bisa advanced restore partisi /data doank. Tapi tidak ane sarankan, karena bisa saja ada dalvik-cache atau /data/data yang bentrok dengan /system apps baru. Tapi worth try kok, karena nantinya kalau error/bootloop gara2 restore partisi /data, ya tinggal wipe /data ja, uda bisa boot lagi.
  3. Bila perlu, dibackup lagi semua third party app, sms, contact, kalender, notes, atau bahkan system app sekalian (mana tau uda integrate, seperti punya ane) lewat TB.
  4. Tidak perlu unswap ataupun unroot dulu. Langsung Flash ROM uploadan ini lewat SPFTSebenarnya kalau mau, bisa langsung ganti recovery.img nya dengan CWM 6.0.3.3, jadi bisa langsung lompat ke step 8
  5. Habis flash, masuk dulu ke recovery (power + vol up), pastinya masih recovery original. Lakukan wipe data, wipe dalvik-cache, wipe cache. Supaya sisa dari Rom sebelumnya betul2 bersih, karena kabarnya internal storage nya dipartisi ulang, jadi bagusan wipe dulu, supaya tidak konflik.
  6. Setelah booting, dan tes2 bentar, install CWM via MuMTKT, caranya di pejwan.
  7. Flash ke CWM 6.0.3.3, dan reboot to recovery.
  8. Kalau agan lompat dari step 6, ingat Lakukan wipe data, wipe dalvik-cache, wipe cache dulu baru, Pilih advance restore, dan restore hanya partisi /data doank, setelah itu wipe dalvik-cache lagi (mencegah adanya file.dex yang bentrok dengan system baru).
  9. Reboot, dan lihat apakah ada error di app nya
  10. Jika tidak berhasil boot, tinggal wipe /data, nanti akan boot seperti biasa. Untuk restore datanya terpaksa satu persatu lewat TB (bisa batch action sih, tapi ane sarankan multi select di third party app ja, kalau system app, satu persatu).

Langkah di atas semuanya belum proven, tapi kurang lebih seperti itu. CMIIW. Warnanya ane buat beda, supaya bisa tahu tahap2 nya ampe mana. Tetap DWYOR ya. Mudah2an besok uda ada yang upload, supaya malam minggu nya bisa oprek2.

Kredit by Desmanto KasKus

0 comments :