Mengubah Lokasi Program Files

Menurut saya, Microsoft telah melakukan cara yang logis dengan menyimpan semua file instalasi pada satu buah folder, yaitu folder Program Files. Namun, menurut saya hal tersebut tidaklah terlalu tepat. Bagi saya, langkah yang tepat adalah dengan menginstal semua file instalasi secara terpisah dan dibedakan dari drive sistem operasi.

Pada kasus tertentu, jika Anda menggunakan folder Program Files dan membiarkan semua program terinstal secara default di sana, maka Anda setidaknya dapat mengubah lokasi folder Program Files. Secara default, file isntalasi ditempatkan pada drive yang sama dengan Windows. Namun, saya ingin agar Windows tetap terpisah dari perangkat lunak yang saya miliki, sehingga saya dapat membuat image cadangan dari Windows saja, tanpa perangkat lunak lainnya.

Untuk menyesuaikan Program Files pada lokasi pilihan Anda, buka registry editor Anda dan arahkan ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion. Anda akan melihat sebuah kunci registri yang bernama “ProgramFilesDir”. Anda dapat mengubah kunci registri tersebut dengan direktori yang sesuai dengan pilihan Anda. Setelah Anda melakukan ubahan ini, maka proses instalasi perangkat lunak, secara default akan meminta untuk melakukan proses instalasi pada alamat atau destinasi baru.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Update WINDOWS 7 yang wajib dihindari

Panduan 5menit untuk mencari backlink berkualitas tinggi

Cara Pasang Meta Tag SEO Friendly dan Valid HTML5 pada Blogger