Ada apa dengan hujan dan angin besar saat Imlek?

Jika Anda jeli setiap kali Imlek dirayakan di negeri ini, pasti tidak akan lepas dari fenomena munculnya angin dan hujan kencang yang turut terjadi. Sebenarnya, apakah memang Imlek yang menyebabkan kejadian alam tersebut?
Di tempat asalnya sendiri, China, Imlek merupakan acara sakral bagi mereka yang menganut ajaran Tri Dharma. "Pada hari besar ini, para umat ketiga agama tersebut merayakan syukur atas datangnya musim semi yang penuh harapan untuk menggantikan musim dingin," kata Bunsu Anton Triyono, pemuka Agama Tri Dharma kepada merdeka.com.
Ketika para penganut ajaran ini menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, upacara Imlek pun tidak lupa ikut dirayakan. Namun, karena beda wilayah geografis, musim yang dialami pun berbeda.
Di Indonesia sendiri misalnya, setiap Hari Raya Imlek dilaksanakan, selalu bertepatan dengan musim hujan. Sehingga, tidak mengherankan jika Imlek di sini sering diwarnai dengan munculnya angin dan hujan besar-besaran.
Menurut pantauan BMKG sendiri, bada Bulan Februari yang bertepatan dengan Hari Raya Imlek ini hujan masih mungkin akan terjadi di seantero Indonesia. Tercatat seluruh daerah mulai dari Sabang hingga Merauke berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga berat.
Jadi, tidaklah mengherankan apabila ketika Imlek dirayakan pada tanggal 10 Februari ini terjadi fenomena alam tersebut. Hal ini juga tidak ada hubungannya dengan cerita-cerita mistis yang beredar tentang hujan dan angin ribut yang terjadi setiap kali Imlek.
Imlek merupakan hari besar bagi mereka yang beragama Buddha Mahayana, Khong Hu Cu, dan Tao. Dalam acara keagamaan ini, para umat tersebut mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas datangnya berkah Musim Semi yang terjadi di belahan bumi utara, hal ini kemudian diwujudkan juga dengan lahirnya tahun baru.
Post a Comment

Popular posts from this blog

Update WINDOWS 7 yang wajib dihindari

Panduan 5menit untuk mencari backlink berkualitas tinggi

Cara Pasang Meta Tag SEO Friendly dan Valid HTML5 pada Blogger