Thursday, November 15, 2012

Instalasi & Penggunaan Imapsync untuk Sinkronisasi & Backup Email



Imapsync adalah salah satu tool yang sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk melakukan backup dan sinkronisasi seluruh isi email, baik struktur maupun isinya. Misalnya, jika kita memiliki folder inbox, sent item, draft, trash dll di mail server lama, kita bisa menyalin struktur dan isinya secara utuh ke mail server yang baru. Imapsync bahkan mampu melakukan backup folder lain diluar folder default, misalnya menyalin folder vavai, data, urgent dll yang ada didalam folder inbox saya. Tutorial berikut adalah proses instalasi dan penggunaan imapsync untuk fungsi diatas. Saya menggunakan SUSE Linux Enterprise Server 11 SP 1 sebagai sample sistem, meski imapsync bisa dijalankan dihampir semua sistem Linux.

INSTALASI IMAPSYNC
Jalankan perintah berikut melalui konsole/terminal :
zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/devel:/languages:/perl/SLE_11 perl
zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/home:/pheinlein/openSUSE_11.2 imapsync
zypper ref
zypper in imapsync perl-Date-Manip perl-Mail-IMAPClient
 
MENGGUNAKAN IMAPSYNC
Berikut adalah contoh penggunaan imapsync untuk melakukan sinkronisasi suatu mailbox dari mail server dengan IP 192.168.10.2 ke mail server dengan IP 192.168.10.1 (imapsync juga bisa membaca nama host seperti mail.vavai.com dengan syarat nama tersebut bisa dilookup via /etc/hosts atau via DNS) :
imapsync --host1 192.168.10.2 --user1 budi@namadomain.com --password1 passwordbudi --host2 192.168.10.1 --user2 vavai@namadomain.co.id --password2 passwordvavai --noauthmd5 -ssl1 -ssl2
Perintah diatas akan menyalin data mailbox budi@namadomain.com di mail server pertama ke mailbox vavai@namadomain.co.id ke mail server kedua. Tentu saja nama account bisa sama persis jika yang diinginkan adalah menyalin mailbox dari account lama ke account baru. Contoh diatas saya buat untuk memudahkan pembedaan mana yang mesti ditulis di sisi mail server pertama dan mana yang hendak ditulis di mail server kedua.

Tanda – - menunjukkan paramater dari imapsync. Jika tidak menggunakan akses SSL, hilangkan tanda -ssl1 atau -ssl2. Baca FAQ Imapsync mengenai paramater yang digunakan jika ingin menyesuaikannya dengan kondisi mail server yang ada.

CATATAN :
  1. Imapsync dapat digunakan untuk melakukan sinkronisasi semua mail server yang mendukung protokol IMAP (sesuai namanya, Imapsync, bukan POPsync apalagi Lipsync :-P ), jadi dapat digunakan pada Postfix+Imap, Sendmail+Imap, Qmail+Imap, MDaemon, Microsoft Exchange dll
  2. Perintah Imapsync pada contoh diatas mampu melakukan sinkronisasi jika kita tahu password kedua account. Kita harus menyamakan semua password jika ingin mudah melakukan sinkronisasi dengan perintah diatas. Jika kita tidak mengetahui password salah satu account, kita bisa menggunakan opsi –authuser1 atau –authuser2, saya akan membahasnya dalam artikel terpisah. 
Semoga bermanfaat.

0 comments: