Ini alasan kenapa Apple harus akuisisi Nokia

Saturday, October 13, 2012

Ini alasan kenapa Apple harus akuisisi Nokia


Seorang jurnalis dan pengamat teknologi bernama Tristan Louis mengungkapkan pemikirannya bahwa Apple seharusnya mengakuisisi Nokia. Kenapa?

Seperti yang dituliskan di Forbes (06/10), Tristan Louis adalah seorang jurnalis, veteran internet, pengamat teknologi dan penulis lepas di beberapa media terkenal seperti Business Week, the New York Times, the Financial Times, BBC, NPR, CBC dan banyak lainnya. Dalam pemikirannya, Louis ungkapkan bahwa seharusnya Apple mempertimbangkan untuk mengakuisisi Nokia. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa Apple harus melakukan hal tersebut.

Untuk menghindari gugatan dari Samsung terkait penggunaan teknologi LTE, Apple seharusnya mengakuisisi Nokia. Hal ini dikarenakan Nokia adalah salah satu pemilik lisensi LTE
Tentang masalah peta digital, seperti yang diketahui Apple Maps tidak seperti yang dibayangkan. Untuk membuatnya menjadi bagus, hendaknya Apple mengakuisisi Nokia karena perusahaan asal Finlandia ini memiliki kerjasama khusus dengan Navteq atau sebuah perusahaan pembuat peta digital untuk navigasi GPS. Selain itu, banyak perusahaan besar seperti Google, RIM, Microsoft, Amazon dan Samsung bergantung pada akurasi dan peta digital dari Navteq.
Dengan mengakuisisi Nokia, maka secara tidak langsung Apple dapat membuat Microsoft kelabakan. Hal tersebut dikarenakan Nokia adalah partner terbesar Microsoft.
Apabila Apple berhasil mendapatkan Nokia, maka seperti halnya Google ketika mengakuisisi Motorola, maka banyak hak paten yang otomatis akan dimiliki olehnya.

Walaupun sekarang Nokia masih belum sepenuhnya bangkit, namun beberapa pelaku pasar masih tetap optimis akan perusahaan Finlandia ini. Dengan mendapatkan salah satu perusahaan paling berpengaruh di jagat mobile, maka kekuatan Apple juga semakin bertambah kuat.

Sumber

0 comments :