Saturday, August 18, 2012

Kenapa Kartu Selamat Lebaran Lebih Baik dari SMS

TEMPO.CO , Surakarta: Kantor Pos Solo berupaya menghidupkan kembali budaya mengirim kartu Lebaran kepada sanak kerabat dan kolega. Untuk itu, pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Kantor Pos Solo menyediakan 10 ribu kartu pos gratis untuk masyarakat.
Menurut Supervisor Pemasaran Kantor Pos Solo Tatik Nurhayati, peran kartu pos berisi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri sudah tergantikan oleh perangkat elektronik. »Orang lebih suka mengirim pesan pendek,” ujarnya, Rabu, 8 Agustus 2012.
Padahal dengan mengirim kartu pos, dia mengatakan si penerima akan merasa lebih dihargai karena bersifat personal. Apalagi kata-kata yang ditulis tidak sama dengan yang disampaikan si pengirim kepada orang lain. »Untuk mereka yang punya hubungan khusus, bisa membaca tulisan orang yang disayangi menjadi sangat berarti,” katanya.
Tahun ini ada tiga jenis kartu pos yang dicetak. Yaitu yang bergambar Solo Batik Carnival, Masjid Agung Surakarta, dan Balai Kota. Tahun lalu pihaknya hanya mencetak kartu pos bergambar Balai Kota Surakarta.
Untuk mendapatkan kartu pos gratis, masyarakat tinggal datang ke kantor pos terdekat. Di eks-Karesidenan Surakarta, terdapat 22 kantor pos cabang yang memiliki stok kartu pos gratis. »Kami sudah distribusikan sejak minggu lalu,” katanya.
Selain membagikan kartu pos di kantor pos, pihaknya sudah bekerja sama dengan 10 sekolah. Para siswa di sekolah tersebut masing-masing mendapatkan satu kartu pos gratis untuk digunakan saat Lebaran. Agar bisa dikirim, kartu pos tersebut harus ditempel dengan perangko senilai Rp 1.500.
Tatik berharap dari 10 ribu kartu pos gratis di atas, setidaknya 5 ribu di antaranya dapat dimanfaatkan untuk mengirim ucapan saat Lebaran. »Kami ingin mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan media kartu pos untuk mengucapkan selamat Idul Fitri,” katanya.
Salah seorang warga Danukusuman, Alim, mengaku baru tahu kantor pos Solo menyediakan kartu pos gratis. Dia berencana mengambil beberapa buah kartu pos gratis tersebut, untuk dikirimkan ke kenalannya di kota lain.
»Selain untuk ucapan selamat Idul Fitri, kartu pos itu sekaligus untuk mempromosikan Solo. Sebab ada gambar Solo Batik Carnival dan Masjid Agung,” ujarnya.
Selama ini dia terbiasa mengucapkan selamat Idul Fitri dengan pesan pendek. »Kali ini mau mencoba pakai kartu pos. Apalagi dikasih gratis,” ujarnya.

UKKY PRIMARTANTYO
TEMPO

0 comments: