Google panda dan seo searchterms tagging 2

Monday, August 20, 2012

Google panda dan seo searchterms tagging 2


Kemaren aku dapat email dari salah satu pengguna plugin SEO SearchTerms Tagging 2 (kalau lihat namanya, kayaknya sih orang India). Dia bertanya masalah penggunaan fitur auto tagging dan link ke halaman search. Aku cuma bisa mikir, kok dia belum tahu tentang update algoritma peringkat halaman pencarian Google baru-baru ini (a.k.a Google Panda). Apa emang masih banyak yg belum tahu ya? Google PandaOk, beberapa hal yg harus kita ketahui tentang SEO SearchTerms Tagging 2 dan Google Panda
  1. Update Google Panda bertujuan untuk menampilkan situs-situs berkualitas di halaman depan hasil pencarian Google. Dengan update ini, Google berharap tidak ada lagi situs-situs auto generated content/blog scrapping/auto blog dan situs tidak berkualitas lainnya di peringkat atas pencarian.
  2. Google Panda mencoba memberikan penghargaan lebih pada halaman situs dg artikel yg unik, berkualitas, dan benar-benar berkaitan dg keyword yg dicari, on page SEO harus benar-benar bagus. Bahkan sebagian orang berpendapat kalau saat ini on page SEO mungkin lebih penting dibanding dengan off page SEO (backlink).
  3. Ada dua fitur di SEO SearchTerms Tagging 2 yg bertentangan dg algoritma Google Panda ini. Pertama, fitur auto tagging(memperbanyak halaman tags yg keindex). Kedua, fitur link ke halaman search (memperbanyak halaman search/auto content yg ke index).
Yang perlu diingat, kedua fitur tersebut secara default dalam kondisi OFF. Dan fitur-fitur lainnya tidak ada yang bertentangan dengan Google Panda.
Jadi mulai saat ini, aku sangat menyarankan dan menghimbau teman-teman semua untuk tidak lagi menggunakan fitur auto tagging dan link ke halaman search dari plugin SEO SearchTerms Tagging 2.
“Improve it or remove it. With Google’s Panda Update, low-quality content can impact an entire domain, but removing these pages — or moving them to a different domain — can help your rankings,” says Google’s Michael Wyszomierski.
Lah terus buat yg pernah makai gimana dong? Seperti di kutip diatas, kita tetap diberi kesempantan untuk menyesuaikan diri. Caranya, jangan gunakan lagi kedua fitur autotagging dan link ke halaman search itu, dan tambahkan kode berikut ini ke dalam file robots.txt yg ada di folder public_html atau www situs kamu:
User-agent: * Allow: / Disallow: /wp- Disallow: /feed/$ Disallow: /*/feed/rss/$ Disallow: /*/trackback/$ Disallow: /*/feed/$ Disallow: /*/*/feed/$ Disallow: /*/*/feed/rss/$ Disallow: /*/*/trackback/$ Disallow: /*/*/*/feed/$ Disallow: /*/*/*/feed/rss/$ Disallow: /*/*/*/trackback/$ Disallow: /feed/ Disallow: /trackback/ Disallow: /rss/ Disallow: /comments/ Disallow: /cgi-bin/ Disallow: /*/comment-page Disallow: /*?s= Disallow: /wp-login.php Disallow: /wp-register.php Disallow: /wp-admin Disallow: /wp-includes Disallow: /search/ Disallow: /tags/
Jika URL search folder kamu bukan search, ganti “Disallow: /search/” sesuai dg search folder kamu.
Ga mau edit file robots.txt? Gunakan plugin2 seperti All in One SEO/Platinum SEO/WordPress SEO dll, dan set halaman Search dan Tags menjadi NoIndex.
Yang terpenting, kalau kamu mau bermain white hat sesuai Google Panda, selalu usahakan untuk menulis artikel yg unik, berkualitas, dan dengan on page SEO yg bagus sesuai keyword yg di target. Berkaitan dg on page SEO, selama ini aku selalu mengandalkan plugin SEO Pressor. Tapi sejak minggu lalu aku berpindah ke plugin Easy WP SEO karena fiturnya yg jauh lebih lengkap dibanding SEO Pressor ataupun Clickbump SEO. Jangan dibandingkan deh, malu sendiri ntar SEO Pressor hihihi… Beneran dah, fiturnya SEO Pressor itu paling cuma 1/3 fiturnya Easy WP SEO. Saat ini plugin Easy WP SEO ini masih di jual lewat Warrior Forum, jadi harganya masih murah banget, cuma $37 untuk multisite license. Bandingkan dg harga SEO Pressor yg $127 itu *hiks… coba nih plugin udah ada dari dulu, ga akan deh aku beli SEO Pressor :’(*. Biasanya sih emang gitu, harga promosi masih murah di awal, ntar setelah produknya masuk Clickbank, harganya bisa naik 3x lipat lebih. Jadi saranku, kalau kamu berminat untuk beli, mending belinya sekarang aja, jangan tunggu sampai dia launch di Clickbank. External resources tentang Google Panda:
  1. Google Panda Update Tip: Remove Low-Quality Content
  2. The Farmer/Panda Update: New Information From Google and The Latest from SMX West
  3. Top 5 Google Panda Update SEO Survival Tips

0 comments :